Air dan Daya Tahan Tubuh

Jumat, 22 Agustus 2008

Saat musim kemarau tiba. Biasanya pada saat pergantian musim terjadi perubahan pola penyakit. Pada saat awal musim kemarau akan didominasi penyakit saluran pernafasan dan pencernaan pada urutan kedua. Dua penyakit ini paling banyak disebabkan oleh virus. Pada penyakit yang disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 3-4 hari dengan syarat daya tahan tubuh harus baik. Tapi apabila daya tahan tubuh kita jelek maka pasti kuman atau bakteri akan ikut menginfeksi tubuh kita.
Sebagai contoh pada bulan Desember sampai Februari. Data yang diambil di beberapa puskesmas dan rumah sakit di wilayah Solo Raya, didapatkan bahwa 75% penderita demam berdarah yang dirawat terinfeksi juga dengan kuman tiphoid. Artinya, bahwa daya tahan pada penderita tidak baik sehingga kuman lain bisa menginfeksi secara sekunder.
Pada bulan Juli kemarin ada beberapa penyakit yang tetap harus diwaspadai, seperti demam berdarah dan cikungunya. Meskipun dua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus dan kebetulan nyamuk perantaranya juga sama, tapi demam berdarah lebih berbahaya. Untuk itu agar kita tetap terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus, maka kita harus menjaga daya tahan tubuh kita. Bagaimana caranya?


Pertama, usahakan makan-makanan yang bergizi dan seimbang (makanan sehat). Kurangilah lemak, dan perbanyak buah serta sayuran. Kedua, usahakan minum air yang sehat minimal 8 gelas sehari. Kita harus ingat bahwa 80% tubuh kita terdiri dari air. Untuk itu semua proses yang terjadi dalam sel akan berjalan dengan baik. Bayangkan dari mulai masuk ke dalam tubuh sampai keluar dari tubuh kita membutuhkan air. Kita butuh air liur, enzym lambung dan cairan lainnya untuk mengolah makanan yang kita makan dan diubah menjadi energi. Dan kitapun membutuhkan air untuk mengangkut sisa-sisa hasil pengolahann tadi untuk dibuang keluar tubuh dalam entuk urin, keringat, feses, lendir, dan lain sebagainya yang berupa cairan. Jadi minum air sangatlah penting.
Coba Anda perhatikan apa yang dilakukan dokter di rumah sakit pertama kali saat mengopnamkan pasiennya. Pastilah INFUS, ya.. yang pertama dipikirkan adalah kebutuhan cairan tubuh dulu. Apabila kalau pasiennya demam berdarah atau diare yang profuse, terlambat memberikan cairan pasti akan fatal akibatnya. Jadi jelas bahwa proses metabolisme sel akan bekerja dengan baik sehingga secara otomatis suplai zat-zat yang bermanfaat bagi sel itu sendiri akan lancar sehingga mengakibatkan daya tahan tuuh juga meningkat.
Pastikan air yang Anda minum adalah air yang sehat. OXY Premium Water adalah air murni yang telah dihilangkan mineral anorganiknya, mengandung oksigen tinggi, serta sudah diaktifkan dengan menggunakan teknologi MReT. Sehingga akan mampu menambah daya tahan tuuh, memperbaiki sel yang rusak, serta menjadikan metabolisme darah lebih baik.
Ketiga, olah raga yang teratur. Dengan berolah raga maka sel-sel kita akan senantiasa mendapatkan oksigen dan kebugaran yang baik.
Keempat, hindari stress. Dengan hidup seimbang secara spiritual dan sosial maka tubuh kita secara fisik akan menjadi sehat dan lebih baik.

0 komentar: